Kantor Pusat :
Perumahan Shangrila Unit I No. 75 - Petukangan Selatan - Jakarta Selatan
Selama beberapa dekade terakhir, sektor transportasi di Makkah telah mengatasi tantangan besar dengan menerapkan ide dan teknologi inovatif, yang mengubah lanskap kota.
Peneliti yang mengkhususkan diri dalam sejarah Makkah, Dr Samir Barqa mengatakan, setelah Allah memerintahkan Nabi Ibrahim untuk menunaikan haji, pengunjung mulai berdatangan dengan berjalan kaki, kuda dan unta.
“Transportasi telah berkembang dari waktu ke waktu. Orang-orang biasa berjalan selama berbulan-bulan untuk mencapai Makkah, dengan banyak dari mereka sekarat di jalan. Kemudian orang mulai menggunakan unta, juga dikenal sebagai kapal gurun,” kata Barqa dilansir dari laman Arab News pada Senin (11/4).
“Kemudian ‘howdas’ diciptakan untuk membawa wanita dan Kiswah untuk menutupi Ka\’bah. Karavan digunakan untuk melakukan perjalanan oleh ribuan. Jalur ziarah dan jalur Zubaidah adalah contoh nyata dari pergerakan ini, dengan jalur unta menjadi saksi pentingnya jalur ini,” lanjutnya.
Kemudian transportasi mengalami revolusi besar setelah penemuan minyak. Hal ini mengarah pada penggunaan mobil, bus, pesawat terbang, dan kereta api.
“Mereka yang melihat gambar transportasi hari ini akan melihat perbedaan yang jelas dan perkembangan yang luar biasa, terutama dalam 100 tahun terakhir. Saya mendapat kehormatan, menjadi pemandu yang melayani jamaah haji, untuk mengadakan pameran yang menyoroti perkembangan haji dari waktu ke waktu. Pameran ini termasuk paviliun khusus untuk transportasi yang menampilkan gambar yang menunjukkan perkembangan layanan ini dari waktu ke waktu,” papar Barqa.
Seorang investor di sektor transportasi di Makkah, Saad Al-Qurashi mengatakan, transportasi di Makkah telah mengalami revolusi besar.
“Siapa pun yang meneliti pergerakan transportasi di Makkah tidak dapat tidak memperhatikan pentingnya perkembangan besar yang telah disaksikan kota ini, sebuah kota yang menerima jutaan Muslim dari seluruh dunia. Kerajaan mampu mengatasi tantangan besar ini dengan meluncurkan bus Makkah dengan standar tertinggi. Kami juga memiliki kereta Haramain, kereta Situs Suci dan transportasi bus antar-jemput umum, yang semuanya berkontribusi untuk melayani pengunjung dan peziarah,” jelas Al-Qurashi.
Al-Qurashi mengatakan, Makkah berbeda dari kota-kota lain karena topografinya yang sulit. “Fitur paling penting dari tantangan ini adalah kemampuan negara untuk mengubah kekasaran pegunungan menjadi terowongan yang menghubungkan semua wilayah Makkah,” kata dia,.
Adapun gunung-gunung dengan ketinggian dan strukturnya, merupakan penghalang alami dan penghadang untuk mencapai sisi gunung yang berlawanan kecuali dengan menghindarinya. Kemudian Instansi pemerintah mencari cara, metode, dan solusi inovatif untuk mengatasi tantangan ini. Lalu akhirnya menghasilkan gagasan untuk membangun terowongan di dalam pegunungan.
“Proyek transportasi bus-shuttle umum, yang dilaksanakan tiga dekade lalu di Situs Suci, berkontribusi untuk mengakhiri lalu lintas yang disebabkan oleh sistem transportasi normal,” kata Al-Qurashi.
Sementara Makkah kini menghadapi tantangan untuk menjadi kota pintar dengan aplikasi teknis modern. Hal ini untuk menciptakan sistem transportasi yang canggih guna mengatur pergerakan lalu lintas lebih lanjut.